Social Icons

Halaman

Senin, 28 Maret 2011

Asus N82J, Laptop Pintar Yang Masih Harus Belajar

Dulu, laptop dikenal sebagai komputer yang tidak bertenaga dibandingkan komputer desktop, memiliki harga yang jauh lebih mahal, dan memiliki komponen yang standar. Kini, laptop sudah sama bertenaganya dengan sebuah komputer di rumah. Sistemnya kini sudah semakin pintar. Dan hal inilah yang terus mendorong inovasi teknologi-teknologi di bidang laptop itu sendiri.

Nvidia Optimus
Laptop baru dari ASUS ini membawa teknologi laptop yang pintar dan terbaru yaitu Nvidia Optimus. Seperti apakah teknologi Optimus itu? Nvidia, sebagai perusahaan kartu grafis yang memproduksi chipsetnya menyatakan Optimus sebagai sistem laptop yang hemat daya ketika dalam penggunaan ringan dan kantoran, tapi bertenaga tinggi apabila memang dibutuhkan untuk hiburan, grafis bahkan bermain game. Kuncinya adalah dua buah kartu grafis yang ada di dalam laptop ini yaitu onboard (Intel HD graphics) dan diskrit (NVidia GT330M); onboard digunakan untuk keperluan ringan, diskrit digunakan untuk hiburan, grafis, dan game.

Asus N82J

ASUS Super Hybrid Engine
Teknologi pintar Optimus itu masih ditambah dengan kepintaran sistem Super Hybrid Engine yang ditambahkan oleh ASUS. Dengan tombol bertanda petir di sebelah atas kiri keyboard, kita bisa mengatur sistem ke penggunaan tertentu, misalnya untuk hiburan, mengetik, atau bermain game. Dengan otomatis, pengaturan Windows, screen saver, bahkan sampai standby pun akan diatur oleh ASUS supaya bisa menghemat baterai dan bekerja seoptimal mungkin. Kami sangat menyukai fitur tambahan ini karena merupakan cara yang sangat memudahkan untuk menghemat daya baterai.

Performa
Pada pengujian, laptop n82j ini secara keseluruhan sangat mengagumkan. Sebagai salah satu laptop dengan USB 3.0 pertama yang ada di pasaran, kami mengujikannya dengan menggunakan Seagate GOFIex modifikasi USB 3.0. Hasilnya, sangat baik. Pada Windows 7 Home Premium bawaannya, kecepatan transfer data berfluktuasi antara 60-80MB/S, dua-bahkan tiga kali lipat kecepatan transfer USB 2.0 biasa. Kami juga mengujikan teknologi Optimusnya, dan kecepatan multimedia (film HD) serta game.

Pengujian Game
Pada pengujian gaming StarCraft II, entah mengapa driver bawaan NVidia gagal menyadari bahwa game sedang dimainkan dan tetap menggunakan chip grafis onboard. Hasilnya, game lag bukan main. Demikian juga ketika kami menginstall Alien Swarm, game tersebut berjalan lambat. Ada apa gerangan?

Awalnya kami kira Super Hybrid Engine lah yang menjadi penyebabnya. Tapi tidak, setelah kami ubah ke mode 'High Performance' untuk game dan hiburan kaya grafis pun, lampu petunjuk kartu grafis (biru untuk onboard, berubah menjadi putih ketika kartu grafis diskrit sedang digunakan) tetap berada pada warna biru, yang berarti kami menjalankan game dengan grafis onboard.

Asus N82J

Kami coba untuk mengupdate driver dan hasilnya sama saja. Ternyata, pada setting 'Global' di Nvidia control panel, kami harus mengatur grafis ke 'High Performance Graphics', barulah GT330M digunakan. Game yang kami ujikan semua berjalan lancar, dan lampu indikator berwarna putih, menunjukkan kartu grafis diskrit sedang aktif.

Dari segi teknologi, N82j sangat padat dengan fitur, ada multi-touch pad, LED screen, Optimus, gaming ready, ASUS Hybrid Engine, Intel Core i5, lengkap. Pada pengujian ketahanan baterai, kami bisa bekerja dengan 4jam penggunaan Office + Internet, tapi gaming menyedot daya kurang dari 2.5 jam saja. Pada mode non Wi-Fi aktif, laptop ternyata bisa bertahan sampai 5-6 jam.(Gadget/roc)

SPECIFICATIONS
Operating System : Windows 7
Processor : Intel Core i3-350M processor 2.26 Ghz, Intel Core i5 (2.13GHz - 2.53GHz) or Intel Core i7 (1.6GHz - 2.8GHz)
Chipset : Mobile Intel HM55
Graphics : NVIDIA GeForce GT335M with DDR3 1GB VRAM
Internal Memory : DDR3 1066MHz, up to 8GB
Hard Drive : 250GB, 320GB, 500GB or 640GB
Display : 14.0 inch 16:9 LED backllt screen with 1366x768
Dimensions : 345 x 243 x 33 and 2.3 Kg.
Verdict
Plus :
+ Switchable GPU untuk opsi antara performa atau daya tahan baterai
+ Dukungan USB 3.0
Minus :
+ Umur baterai pendek untuk gaming
Asus N82J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar