Social Icons

Halaman

Senin, 28 Maret 2011

Acer Stream, Entertain Yourself

Bagi Anda yang menginginkan sebuah ponsel Android, kini bisa semakin lengkap pilihannya. Acer belum lama ini memperkenalkan sebuah smartphone Android terbaru yang bertajuk Acer Stream.

Acer Stream merupakan sebuah ponsel pintar yang memiliki fitur full entertainment. Dikemas dengan bentuk yang 'kotak' untuk memberikan kesan macho. Acer Stream ditujukan bagi Anda yang menginginkan sebuah smartphone dengan performa luar biasa. Kendati Acer Stream hadir di pangsa pasar Indonesia dengan mengusung OS Android 2.1 (Eclair), OS tersebut bisa diupgrade ke seri Froyo (Android 2.2).

Macho Design
Tidak seperti para kompetitornya yang mendesain jajaran smartphone Android mereka dengan bentuk yang apik maupun berlekuk, desain Acer Stream justru terlihat lebih monoton. Meski demikian, kesan gagah terlihat pada desain yang sebagian besar bodinya menggunakan materi aluminium hitam dengan efek glossy di bagian depannya. Untuk memudahkan dibawa kemana saja, Acer menyiapkan Stream dengan dimensi yang ramping (119.5 x 63 x 11.2 mm) dan ergonomis. Bahkan bobotnya pun terbilang ringan, yakni sekitar 140 gram.

Acer Stream
Pada sektor layar, Acer Stream menggunakan ukuran 3,7 inci yang terasa cukup lega untuk digunakan browsing di dunia maya. Teknologi AMOLED yang dimiliki Stream memberikan kepuasan tersendiri bila digunakan untuk melihat foto maupun menonton video dari berbagai situs yang ada di dunia maya. Pancaran warna yang dihasilkan dari layarnya terlihat lebih 'hidup' dan nyaman di mata. Dan meskipun desainnya terkesan macho, namun tak ada salahnya bila kaum Hawa pun memiliki smartphone ini.

Selain layar sentuh, Acer membenamkan empat tombol pengatur navigasi, seperti Home, Search, Back dan Menu. Di bawah keempat tombol tersebut, terlihat tiga tombol lagi. Ketiga tombol tersebut berguna untuk pendukung multimedia. Anda dapat memutar, memilih, dan menghentikan lagu. Sehingga Anda dapat mengatur lagu mana yang hendak didengar tanpa perlu masuk ke dalam menu pemutar musiknya.

Great Performance
Kemampuan yang handal menjadi salah satu pertimbangan orang sebelum membeli smartphone. Acer Stream bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Apa pasalnya? Prosesor berkekuatan 1GHz adalah kuncinya. Acer memilih untuk menggunakan Qualcomm Snapdragon QSD8250 sebagai 'otak' di balik kecerdasan Stream. Agar lebih maksimal, RAM sebesar 512MB dan graphics accelerator pun dipersiapkan untuk mendongkrak kemampuan Stream. Apalah artinya sebuah prosesor yang besar tanpa didukung dengan kemampuan sistem operasi yang memadai?

Android 2.1 tampaknya menjadi pasangan yang tepat untuk perangkat hardware yang dimiliki oleh Acer Stream ini. Alhasil, ketika masuk ke menu utama, Anda tidak akan mengalami lag. Bahkan kemampuan multitaskingnya pun patut diacungi jempol. Anda dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus dan tidak tersendat-sendat. Untuk memudahkan pengoperasian smartphone ini, fitur layar sentuhnya dapat melakukan multitouch yang dibekali dengan kemampuan pinch zoom. Sebagai catatan, bagi Anda yang belum terbiasa dengan tampilan Android sebelumnya, bersiaplah sedikit terkejut dengan tampilan antarmuka milik Android Eclair, karena Anda akan sedikit kerepotan untuk memilih menu yang diinginkan. Seolah-olah, Anda sedang bermain rubik.

Multimedia
Di bagian kameranya, Acer hanya membenamkan kamera 5MP tanpa lampu flash. Hal ini serupa dengan seri pendahulunya; Liquid E, sehingga hasil jepretan kameranya tidak direkomendasikan untuk mengambil gambar dalam ruangan atau indoor. Kendati demikian, berbagai macam fitur pendukung kamera turut dibenamkan ke dalam Stream. Sebagai contoh, autofokus dan geo-tagging. Ketika diuji coba, fitur autofokusnya dapat bekerja dengan baik dan mengabadikan gambar dengan lebih gesit. Anda dapat merekam gambar bergerak sekitar 720p dengan kecepatan 24 fps cukup melalui menu video. Hasilnya tidak mengecewakan, di mana rekaman video yang dilakukan di luar ruangan dapat terlihat dengan jelas dan terang.

Di balik bodi Acer Stream ini, terdapat tulisan Dolby Mobile. Tulisan tersebut bukan serta-merta hanya sebagai hiasan. Suara yang dihasilkan oleh Stream ini memang sangat stereo. Dengan catatan, suara Dolby dapat didengar bila Anda menghubungkan melalui koneksi micro HDMI yang telah tersedia. Bahkan pengaturan untuk suara stereonya, disediakan menu settingan audio yang mampu mengeluarkan 5.1 channel HD audio.

Let's Browse
Perangkat penghubung ke dunia maya terbilang cukup lengkap. Sebut saja Wi-Fi 802.11 b/g/n yang memungkinkan untuk berjalan di lebar pita dengan kecepatan tinggi. Sebagai alternatif, Anda dapat menikmati jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan hingga 7,2Mbps, maupun jalur HSUPA 2,0Mbps. Namun sangat disayangkan, Acer Stream belum dilengkapi dengan kemampuan untuk menikmati tampilan Flash, sehingga Anda hanya dapat menikmati siaran video streaming milik Google, seperti YouTube.(Gadget/roc)

SPECIFICATIONS
Network : GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 2100
Display : AMOLED 3,7" (480 x 800 pixels) capacitive touchscreen, 16M warna
Dimensions : 119,5 x 63 x 11,2mm
Weight : 140 gr
Memory : 2 GB storage, 256MB RAM, 512 MB ROM (internal); microSD up to 32GB (eksternal)
Connectivity : Bluetooth v2.1 A2DP, HSDPA 7,2 Mbps, HSUPA 2.0 Mbps, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Micro USB, WiFi 802.11 b/g/n, HTML
Camera : 5 MP, 2560x1920 pixels, autofocus, geo-tagging, image stabilization
Features : Android OS, v2.1 (Eclair), Qualcomm Snapdragon 1 Ghz processor, A-GPS support, Micro HDMI port, YouTube, GoogleTalk, Stereo FM radio with RDS
Battery : Li-Ion 1400 mAh; Standby; 400 h; Talktime: 5 h
Verdict
Plus :
+ Performanya yang responsif
+ Kualitas gambar sekelas HD
+ Fitur yang menarik
Minus :
+ Baterainya tergolong cukup boros
+ Tampilan user interface yang sedikit membingungkan
Acer Stream

Editor Says

"Acer semakin gencar memperkenalkan jajaran smartphone Android terbaru milik mereka. Meskipun fitur-fitur yang diupgrade tidak terlalu signifikan, namun cukup berguna untuk digunakan pada berbagai aktivitas."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar