Social Icons

Halaman

Senin, 07 Desember 2009

Menemukan File ganda atau sama dengan menggunakan ACDsee



Mungkin sudah banyak sekali software yang digunakan untuk menemukan file file ganda atau file file yang sama di komputer anda. Setelah ditemukan tentunya file file tersebut dibuang agar dapat mengurangi sisa kapasitas hardisk yang semakin lama semakin sempit dan sedikit. Namun jika anda sudah mempunyai software ACDsee yaitu salah satu software yang digunakan untuk grafik seperti mengedit gambar, photo, dll layaknya Adobe Photoshop, maka dengan hanya memakai software ACDsee ini anda dapat mencari file file yang ganda atau sama yang ada di dalam komputer anda sekaligus menghapusnya jika perlu tanpa harus menginstall software tambahan apapun. Adapun caranya adalah :

1. Bukalah program ACDsee.

2. Pilihlah menu TOOLS lalu pilih FIND DUPLICATES maka akan muncul layar DUPLICATES FINDER.

3. Di layar DUPLICATES FINDER berilah tanda checklist pada INCLUDE SOFTWARE jika ingin mencari duplikat atau file file yang sama hingga ke dalam sub sub foldernya.

4. Dibawahnya ada 2 pilihan pencarian yaitu :

a. FIND DUPLICATES WITHIN THIS LIST OF FILES dipilih jika hanya ingin mencari file file yang ada dalam daftar file pertama ini saja.

b. FIND DUPLICATES WITHIN THESE FILES AND ANOTHER LIST. dipilih jika ingin mencari file file yang ada di dalam daftar file pertama ini dan juga file file yang ada di dalam daftar yang kedua.

5. Selanjutnya masukanlah file file yang ingin dicari pada ADD FILES atau masukanlah folder yang didalamnya terdapat file file yang ingin dicari pada ADD FOLDERS. (disini anda dapat memasukan lebih dari satu file atau lebih dari satu folder). Jika sudah klik tombol NEXT.

6. Lalu anda akan ditanya file file ganda yang manakah yang ingin anda cari.

7. Jika anda memilih pilihan SAME FILENAME maka file file yang akan dicari adalah file file yang nama filenya sama persis.

8. Namun jika anda memilih pilihan EXACT DUPLICATE (IDENTICAL FILES) maka file file yang akan dicari adalah semua file ganda atau sama, misalnya ukurannya sama walaupun nama file tersebut tidak sama persis.

9. Klik tombol NEXT untuk menuju ke langkah yang selanjutnya.

10. Pada langkah ini akan muncul daftar dari file file yang ganda atau sama. Jika anda memilih salah satu diantara file file tersebut (yang ada di kotak bagian atas) maka pada bagian kotak yang bawah akan muncul file file yang sama dengan yang anda pilih.

11. Berilah tanda checklist pada file file yang ada di kotak bawah yang ingin dihapus. Jika file tersebut dipilih maka akan muncul tulisan DELETE FILE. Yang itu maksudnya file tersebut adalah yang akan dihapus nantinya.

12. Tekan tombol NEXT lagi jika sudah memilih file file yang ingin dihapus.

13. Pada layar selanjutnya anda tinggal menekan tombol FINISH untuk menghapus file file yang telah dipilih tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar